Madinah Syar'i

Madinah Syar'i

Wednesday, November 1, 2017

Yangnyeom Tongdak (양념통닭) / Ayam Goreng Asam Manis Pedas

Assalamu'alaikum..

Masya Allah Tabarakallah.. Alhamdulillahilladzi bini'matihi tatimmush shaalihaat..

Alhamdulillah Allah mudahkan untuk bikin ayam goreng ini, sudah beberapa waktu lalu bikinnya, qodarullah belum sempat ngeblog, resep aslinya dari website nya Maangchi, tapi jumlah resep dibagi tiga nyesuain banyaknya ayam yang dipakai. dan ada bahan2 asli yang ga jelas kehalalal-an nya udah saya ganti dengan bahan yang jelas halal, insya Allah.

berikut saya kutip hadits ke 13 dari Matan Hadits Arba'in An-Nawawiyah, tentang Di ANTARA BENTUK KESEMPURNAAN IMAN
Dari Abu Hamzah Anas bin Malik radhiyallaahu 'anhu, pelayan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, dari Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Tidak sempurna iman salah seorang di antara kalian hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Shahih: HR. Al-Bukhari (no. 13), Muslim (no. 45), Ahmad (III/176, 251, 272, 289), at-Tirmidzi (no. 2515), Ibnu Majah (no. 66), dan selainnya.  
Semoga kita (terutama saya) dimudahkan Allah untuk mengamalkannya. aamiin..

Berikut saya lanjutkan resepnya, resep yang sudah dimodifikasi,

BAHAN:
- 500 gr ayam, pakai sayap dan paha bawah aja
- 1 sdt merica hitam bubuk
- 1 sdt garam
- 25 gr tepung pati kentang, ini beda kayaknya sama tepung kentang biasa, yang pati kentang atau potato starch, ada kok di swalayan yg udah bersertifikat halal)
- 15 gr tepung terigu serbaguna
- 15 gr tepung beras ketan
- 1 sdt baking soda / soda kue
- 1 butir telur (kemarin ukurannya 54gr) 1 telur ini untuk satu resep.. harusnya kan dibagi tiga seperti yg udah dijelasin di atas, tapi saya biarin aja pakai satu telur

BAHAN SAUS:
- 1 sdt minyak
- 2 atau 4 siung bawang putih (ini lupa pakainya berapa)
- 39 gr saus tomat
- 39 gr madu murni
- 29 gr gochujang halal
- beberapa tetes cuka (Maangchi pakai cuka apel, tapi saya pakai cuka biasa, ada cuka apel lokal yang bersertifikasi halal di apotek)

CARA MEMBUAT:

1. Ayam dibalur merica hitam bubuk dan garam, biarkan 30 menit. Kata Maangchi klo buru buru gapapa langsung aja, tapi waktu bikin alhamdulillah ada waktu jadi bisa didiamkan dulu



2. Masukkan bahan-bahan lainnya (tepung pati kentang, tepung terigu, tepung beras ketan, soda kue, dan telur

3. Campur semua bahan sehingga kayak gini (kelihatan cair karena pakai 1 telur)

4. Ayamnya digoreng, kalo Maangchi apinya sedang ke besar selama 10 menit, tapi saya pakai api kecil ke sedang, takut ga matang dagingnya klo apinya besar, klo ga salah kira-kira 10 menit juga

5. Ini penampakannya sebelum ditiriskan

6. Tiriskan ayam, jangan sampai coklat banget warnanya, soalnya nanti mau digoreng lagi

7. Untuk Sausnya, campurkan madu, saus tomat, gochujang, harusnya ga usah di kasih tempat dulu, bisa langsung nanti dimasukin satu satu diatas pan, tapi karena mau ditimbang, jadi ya saya taruh di tempat dulu

8. Bawang putih diiris tipis ditumis sampai matang


9. Masukkan campuran saus, dan dikasih cuka, dibiarin beberapa kali mendidih, diamkan

10. Ayam yg tadi ditiriskan digoreng lagi pakai api kecil, kalau Maangchi 10 menit, saya secukupnya aja sampai kecoklatan


11. Kira-kira seperti ini bentuknya

12. Tadi kan sausnya udah dingin, dipanasin bentar pakai api kecil, (boleh juga sausnya dibikin dulu sebelum goreng ayam, atau waktu nunggu ayam dibumbui sama garam merica di nomor 1)

13. Ayamnya dimasukkan ke saus, masih pakai api kecil

14. dikasih taburan biji wijen, dan ayam siap disajikan


Alhamdulillah ayam nya jadii, tinggal ditaburi minyak wijen lagi 



Memang sengaja ga semua ayam dikasih saus,,
Alhamdulillah rasanya enak..sausnya beneran asam-manis-pedas.. kalo pengen tambah pedas tinggal gochujang halal nya ditambahin, kalau terlalu asam, bisa cukanya diskip, soalnya gochujangnya kan emang udah ada asem nya.. tinggal disesuaikan aja..

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba..






"Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya" (Qur'an Surah 16 : 114)










No comments:

Post a Comment