Madinah Syar'i

Madinah Syar'i

Sunday, December 10, 2017

Nasi Goreng Kimchi - Daging Halal ( 하랄 고기 김치 볶음밥 )

Assalamu'alaikum....

Masya Allah Tabarakallah, Alhamdulillah Allah mudahkan saya untuk bikin Nasi Goreng Kimchi, resepnya dapet dari Internet.. biasanya ambil resep dari Maangchi, di Maangchi juga ada sih resep nya ini tapi beda bahan, yg saya buat ini insya Allah lebih simple bahannya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamsama sekali tidak pernah mencela makanan. Jika beliau menyukai satu makanan, maka beliau memakannya. Jika beliau tidak suka, maka beliau meninggalkannya.” (HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064)
Mencela makanan adalah ketika seseorang menikmati hidangan yang disajikan lalu ia mengomentari makanan tersebut dengan mengucapkan terlalu asin, kurang asin, lembek, terlalu keras, tidak matang dan lain sebagainya.
Hikmah dari larangan ini adalah: karena makanan adalah ciptaan Allah sehingga tidak boleh dicela. Di samping itu, mencela makanan menyebabkan orang yang membuat dan menyajikannya menjadi tersinggung (sakit hati). Ia sudah berusaha menyiapkan hidangan dengan sebaik mungkin, namun ternyata hanya mendapatkan celaan. Oleh karena itu syariat melarang mencela makanan agar tidak menimbulkan kesedihan dalam hati seorang muslim.
 Untuk Artikel yang lebih lengkap silahkan dilihat disini
Lanjut lagi ke Resep, ini dia resep nasi gorengnya:

BAHAN:
- 49gr Daging sapi cincang 
- satu tangkai daun bawang (waktu ditimbang kira-kira 10atau 15gr gitu, lupa.hehe)
- 50 gr Kimchi halal, cincang (ini saya ga tau hukum kimchi biasa, tapi di supermarket sekarang udah ada kok yg halal MUI)
- 10 gr air Kimchi halal
- 2 Sdm Minyak zaitun (atau minyak goreng biasa)
- 100 gr Nasi Putih
- 1 butir Telur
- Merica bubuk
- Margarin secukupnya

Ukuran di atas bisa dirubah sesuai keinginan ya.. bisa aja daun bawangnya sedikit aja, atau kimchinya dibanyakin dan nasinya juga banyak.. tapi karena saya ga begitu suka pedes dan suka banyak daging, jadilah ukuran di atas. Air Kimchi juga boleh dibanyakin biar warnanya makin merah.

CARA MEMBUAT:
1. Potong-potong Kimchi nya, termasuk air nya juga ditaruh di mangkok, boleh dipisahin sih airnya

2. Siapkan minyak dengan api kecil


3. Setelah minyak panas, tumis daun bawang dengan api kecil sampai layu tapi jangan sampai gosong ya

4. Masukkan Daging, dihaluskan sampai matang

5. Masukkan Kimchi, diaduk-aduk sebentar

 6. Masukkan Nasi putih,

7. Ini Air Kimchi nya


 8. Masukkan air Kimchi di atas nasi, aduk merata

9. Setelah dicampur jadinya begini, ada yang lebih merah lagi tapi buat saya sudah cukup segini

10. Ceplok telur pakai margarin dan taburi merica (saya suka pake margarin karena gaperlu tambah garam lagi) tapi klo mau pake minyak juga boleh, dan klo dibuat telur mata sapi juga gapapa tapi saya lebih suka telur matang



 11. Hasilnya seperti ini..


Alhamdulillah rasanya enak.. bisa dimakan sama Kimchi utuh dan nori kotak yg halal..

Selamat Mencoba..


"Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya" (Qur'an Surah 16 : 114)




No comments:

Post a Comment